Rabu, 09 Mei 2012

Contoh Laporan Prakerin


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.            Latar Belakang
Praktek Kerja Industri yang lebih dikenal dengan istilah PRAKERIN merupakan salah satu syarat untuk mengikuti UN ( Ujian Nasional ) serta Uji Kompetensi yang dilaksanakan pada setiap SMK di akhir tahun pembelajaran. Dengan dilaksanakannya PRAKERIN maka siswa dapat mempraktikan apa yang selama ini didapatkannya di sekolah dan siswa dapat menunjukan keterampilannya di dunia kerja.
SMK Negeri  1 Cianjur mempunyai visi dan misi yang bertujuan untuk menyediakan tenaga kerja yang siap kerja, terampil dan inovatif dalam segala bidang pekerjaan. Dengan diadakannya PRAKERIN siswa dapat memahami secara jelas dan langsung aktivitas dunia usaha sehingga mampu mengimplementasikannya dalam melakukan suatu usaha ketika sudah lulus sekolah nanti dan mampu mengaplikasikan ilmu yang didapatkannya dalam kehidupan sehari-hari.
PRAKERIN juga dapat meminimalisir jumlah angka pengangguran di Indonesia yang setiap tahunnya selalu meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk. Dari  pelaksanaan PRAKERIN siswa mampu mengambil pengalaman yang berharga dalam dunia usaha dan mampu bersaing nantinya.
1.2.            Tujuan dilaksanaknnya Praktik kerja Industri
a.       Untuk memenuhi syarat mengikuti UN tahun ajaran 2011-2012;
b.      Untuk memnuhi syarat mengikuti Uji Kompetensi Kejuruan tahun ajaran 2011-2012;
c.       Memahami karakteristik suatu perusahaan/dunia industri;
d.      Mengenal dan memahami perusahaan/dunia industri dengan segala bentuk dan kegiatannya;
e.       Melatih kemandirian bagi siswa;
f.       Menumbuhkan semangat jiwa wiraswasta bagi siswa;
g.      Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa sesuai dengan program keahliannya dan tuntutan dunia usaha / industri;
h.      Melatih dan meningkatkan etos kerja sesuai dengan tuntutan dunia usaha / industri;
i.        Mengurangi kesenjangan dan ketidaksesuaian pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkaan di dunia usaha atau industri;
j.         Meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses pendidikan dan pelatihan siswa guna menghasilkan lulusan professional;
k.      Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai proses pendidikan.
1.3.          


  Kerangka Laporan
Pada bagian ini penulis akan menyampaikan kerangka laporan ini guna memudahkan pembaca untuk menemukan halaman yang ingin dibaca, yaitu sebagai berikut :

BAB I             PENDAHULUAN
Pada bagian ini penulis menyampaikan mengenai latar belakang dan tujuan dilaksanakannya PRAKERIN.
BAB II                        PELAKSANAAN  KERJA PADA PT. MATAHARI PUTRA PRIMA Tbk. HYPERMART  CIANJUR 343
Pada bagian ini merupakan isi pembahasan yaitu: waktu dan tempat pelasanaan prakerin, sejarah singkat Hypermart, visi dan misi Hypermart, Struktur Organisasi, bidang pekerjaan, proses kerja yang di laksanakan, manfaat yang dirasakan.
BAB III          PENUTUP
Pada bagian ini penulis menyampaikan kesimpulan dari kegiatan yang dilakukan selama melaksanakan Prakerin, serta saran yang di tujukan untuk sekolah dan seluruh karyawan Hypermart Cianjur.

BAB II            PELAKSANAAN KERJA PADA PT. MATAHARI PUTRA PRIMA, Tbk
HYPERMART CIANJUR

-        Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Praktek Kerja Industri dilaksanakan mulai :
Tanggal                                                         : 5 Oktober 2011 s/d 05 Januari 2012
Tempat                                                            : Hypermart Supermall Cianjur (343) beralamat      di Jl.K.H Abdullah Bin Nooh No. 01 Cianjur, Jawa Barat . Telp/Fax: (0263) 262432/34, (0263) 262667
Bulan pertama sampai ketiga                         : Departement Personalia dan Produce

                                   

-                    Sejarah Singkat Dan Perkembangan Perusahaan
Matahari bermula dari suatu toko kecil seluas 150 m2 di daerah Pasar Baru Jakarta bernama Mickey Mouse yang didirikan oleh Bapak Harry Darmawan beserta istrinya, Anna Janti pada tangal 24 Oktober 1958. Tahun itu merupakan tonggak sejarah bagi usaha ritel Matahari. Pak Harry beserta istrinya bahu membahu merintis usaha mereka dengan cara menjual pakaian yang dijahit langsung oleh istrinya dengan dibantu karyawannya yang berjumlah sepuluh orang pada waktu itu.
Saat itu suasana politik dan keamanan di Jakarta sangatlah rawan. Pak Harry tidak tinggal diam, beliau bersama para pengusaha Pasar baru membentuk organisasi keamanan yang kesemuanya keturunan Cina. Salah seorang angota lain adalah Pak Mulyadi (alm) pemilik toko Panca Sinar (sebelah Mickey Mouse)
Pada tahun 1972 Hary Darmawan memutuskan untuk membeli toko De Zon yang luasnya enam kali lebih basar Mickey Mouse. Harry menerjemahkan nama toko berbahasa Belanda itu menjadi arti yang sama yaitu Matahari. Merasa yakin  akan perkembangan usahanya, Hary berani meminjam uang dari bank yang digunakanya untuk merenovasi total toko tersebut dengan menghadirkan fasilitas escalator pertama di Jakarta. Tercatat Store Manager untuk toko Matahari pertama ini adalah Kho Tjoeng.
Pada masa itu pula logo matahari diciptakan oleh sahabat Harry sendiri seorang berkebangsaan Jepang yang bernama Mr. Takashi. Penataan barang di toko pada waktu itu juga bergaya Jepang sedangkan barang yang dijual banyak merupakan barang import karena produksi lokal tidak ada. Pada masa itu Matahari merupakan toko yang paling ekslusif di Indonesia. Ini menjadikan kawasan Pasar Baru menjadi ramai dan lebih hidup.
Sekitar tahun 1975, terjadi perubahan kebijakan di bidang perdagangan RI, yaitu larangan barang dari luar negeri. Sejak saat itu matahari mengubah target pasarnya menjadi kelas menengah dan banyak menjual pakaian dalam negeri. Pemasok pertamanya antara lain perusahaan Great River Indonesia. Perlahan tapi pasti matahari mulai merambah ke kota-kota besar seperti Bogor, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Medan dan Cirebon.
Perkembangan toko Matahari diawali dengan toko yang tidak memiliki badan hukum dan kemudian menjadi memiliki badan hukum yang berbeda setiap mendirikan toko. Akhirnya pada tahun 1986 resmilah nama badan hukum usaha ini menjadi PT. Matahari Putra Prima sebuah usaha yang bergerak dibidang ritel  dengan nama produk : Matahari Departemen Store dan Matahari Supermarket. Pada tahun 1992, menejemen Matahari memutuskan untuk Go Public. Dengan demikian resmilah perusahaan ini bernama PT. Matahari Putra Pima, tbk. Perusahaan ini dipimpin oleh Presiden Direktur yang sebelumnya dipegang oleh Harry Darmawan sebagai pendiri, pemilik dan pelaksana. Dengan nama jabatan resmi Diretur Matahari Group. Hingga sekarang PT. Matahari Putra Prima, tbk sudah mengalami dua kali pergantian Presiden Direktur. Yang pertama adalah Harry Darmawan (1992 – 1997). Pergantian  Presiden Direktur yang pertama terjadi pada tahun 1996 yaitu Harry Darmawan kepada Hengky  Tjitra (1997 – 1999) selanjutnya A.H Komala (1999 – 2004) dan berikutnya kepada Dr. Cheng Cheng Wen ( 2004 – sekarang )
Pada awalnya unit bisnis Matahari adalah Supermarket, Departemen Store, Time Zone, Cut Price. Pada bulan April 2004 Matahari menampilkan konsep terbaru pusat perbelanjaan yaitu Hypermart dan yang pertama berlokasi di Serpong Tangerang, disusul kemudian Hypermart Metropolis, Karawaci dll hingga bulan Desember 2007 sudah  terdapat 36 Hypermart  tersebar diseluruh Indonesia salah satunya Hypermart Cianjur yang merupakan toko Hypermart ke 36 yang di resmikan pada tanggal 19 Desember 2007 di JL KH Abdullah Bin Nuh No 01 Cianjur.
-           Vision an mission
a.          Vision
1.         To be the number one multi-format retailer in Indonesia (menjadi retailer multi format nomor 1 di Indonesia)
b.         Mission
1.         To the transform Matahari food business into a world class multi format retailer that generates sustainableorganic sales and and frofit growth (mengubah matahari food business menjadi peritel kelas dunia dengan berbagai format yang menghasilkan lebih baik dari pasar penjualan dan pertumbuhan keuntungan terus menerus)
c.          Nilai-nilai yang dianut
1.         Selalu memperbaiki pelayanan kepada pelanggan dan rekan kerja
2.         Menciptakan dan mengembangkan lingkungan kerja yang bebas dari saling menyalahkan
3.         Jujur dan loyal dalam segala hal yang dikerjakan selalu berusaha melakukan perbaikan di semua tingkatan
4.         Selalu berusaha untuk terus belajar dan belajar satu sama lain
5.         Dan diatas segalanya perusahaan mengagungkan Tuhan
Itulah mengenai sejarah singkat, visi misi serta nilai-nilai yang dianut oleh PT. MATAHARI PUTRA PRIMA Tbk.


2.1.            STRUKTUR ORGANISASI
Terlampir
2.2.            BIDANG PEKERJAAN
Bidang  pekerjaan yang ada di hypermart Cianjur terdiri dari beberapa macam, setiap orang yang berada di setiap bidang pekerjaan mempunyai kewajiban dan tanggungjawab masing-masing. Berikut ini adalah bidang pekerjaan secara garis besar :
1.      Store General Manager atau yang lebih dikenal dengan sebutan ‘S01’ adalah manager
toko  secara keseluruhan dan menempati kedudukan yang mempunya peran penting di toko. S01 mempunyai kewajban-kewajiban dan hak-hak tertentu yang harus dijalankan dengan baik demi mencapai apa yang diharapkan toko. Selain itu, S01 juga harus memberikan motivasi kepada bawahannya agar mereka mempunyai semangat kerja yang optimal sehingga pekerjaan bisa diselesaikan dengan cepat dan tuntas.
2.      Divisi manager yaitu manager yang menempati kedudukan kedua setelah S01. Tidak jauh berbeda divisi manager pun mempunyai tugas-tugas tertentu yang harus dilaksanakan. Divisi manager di Hypermart terdiri dari dua orang yaitu divisi manager GMS dan Fresh.
3.      Departement manager yaitu manager yang memiliki kedudukan kedua setelah divisi manager. Deperartement manager bertanggungjawab atas departementnya masing-masing.
4.      Team leader yaitu ketua dari beberapa staff dari department tertentu. Pada umumnya team leader terdiri dari satu sampai dua orang. Tugas team leader adalah menggerakan bawahan-bawahannya (staff) dalam rangka menyelesaikan suatu pekerjaan.
5.      Staff adalah karyawan yang melakukan pekerjaan di area secara langsung atas bimbingan dari team leader dan department manager.
6.      SPG (Sales Promotional Girl) dan SPM (Sales Promotional Man)  adalah sales produk-produk tertentu atau orang-orang tertentu yang kerjanya difokuskan pada suatu produk agar produk tersebut bisa terjual sesuai dengan yang diharapkan. Contoh SPG atau SPM yaitu SPG Ando, SPG Homyped  dan lain-lain.
Bidang pekerjaan yang dilakukan oleh Hypermart Cianjur beraneka ragam diantaranya sebagai berikut;
a. Divisi Groceries yang terdiri department food and drink, HBC (Health Beauty Care)
b. Divisi nonfood yang terdiri dari department Bazaar, softline, dan Elektronik.
c.  Divisi Fresh yang terdiri dari Departement Produce, Meat and Sea Food, Dairy Frozen dan Bakery.
d. Divisi Supporting yang terdiri dari Departement EDP (Entry Data Processing), Visual Merchandising (VM), Receiving, Cashier, CSO (Customer Service Office), Finance & Accounting, Administrasi Personalia, Maintenance dan Loss Prevention.
3.1.            Proses Kerja yang Dilaksanakan
1.                  Departement Personalia
2.                  Departement Produce

1.  Departement Personalia
Pengertian Personalia
Personalia adalah department supporting yang dibutuhkan untuk kelancaran operasional toko. Seperti pengolahan administrasi dan mengoperasionalkan konsep organisasi yang berhubungan dengan perilaku individu dan kelompok diperusahaan.
·         Administrasi
1.      Memahami Proses Administrasi di Departement Personalia Secara Keseluruhan
a.       Mampu menyusun berbagai laporan yang diperluka di wilayah kerjanya ( misalnya : laporan jamsostek, dll )
b.      Mampu melakukan pengarsipan dengan baik ( misalnya : SK, tanda terima, dll )
·         Standar Jati Diri
Standar jati diri adalah sikap seorang mmanager dalam menciptakan contoh yang baik dalam grooming dan personal hygiene, uniform (seragam), disiplin dan absensi untuk memenuhi standarisasi yang telah ditetapkan perusahaan dapat dilakukan setiap hari kerja dan berjalan dengan baik sesuai prosedur.
           



 2.  Tujuan Pekerjaan
Melakukan aktifitas kerja terkait dengan pengolahan kepersonaliaan,                            administrasi, serta mengorganisir pekerjaan-pekerjaan terkait perkembangan SDM toko disamping menciptakan hubungan yang baik dengan pihak luar seperti kecamatan, klurahan, kepolisian, rumah sakit dan jamsostek.
           
            3.   Kompetensi Teknis di Departement Personalia
Kompetensi teknis di department personalia mencakup kemampuan   untuk memahami dan mengoperasianalkan konsep organisasi yang berhubungan dengan perilaku individu dan kelompok di perusahaan dalam rangka rekrutment, pengembangan dan pemeliharaan SDM yang dilakukan demi kelancaran operasional toko.
·         Human
a.       Proses Recruitment Karyawan
Mampu melakukan update terhadap man power ( katyawan masuk, keluar, mutasi )
b.      Proses Perkembangan Karyawan
Mampu melakukan evaluasi kinerja dan mentoring bawahan.
c.       Peraturan Yang Berhubungan Dengan Karyawan
Mampu memahami peraturan dan tata tertib yang berlaku ditulis bagi karyawan.
·         Asset
a.       Menyiapkan Perlengkapan / Kebutuhan Staff  Untuk Opeasional Toko
Mampu melakukan estimasi dan PP terhadap kebutuhan terhadap kebutuhan operasional di departemen personalia ( misalnya : PP trhadap ATK )
b.      Memaksimalkan Pemanfaatan Dan Pengolahan Peralatan Kerja
Mampu memaksimalkan pemanfaatan dan pengolahan di wilayah kerjanya.
·         Finance
                        Mampu melakukan estimasi lembur karyawandengan benar, mengelola keuangan untuk kebutuhan operasional dan mampu membuat laporan gaji, absensi, jamsostek dan ALA Finance.
4.  Shedule Personalia
                      Pengaturan Shifting
          Jam kerja departemen Personalia di bagi menjadi 2 shift, yaitu;
1.      Shift Pagi : 08.00 – 16.00
2.      Shift Siang : 11.00 – 19.00


A.    Pengenalan Departement Produce
Produce yaitu aneka buah segar dan sayur-sayuran segar. Buah-buahan yang ada disini bermacam-macam mulai dari buah lokal sampai luar negeri atau buah import begitu pun dengan sayurannya.
Tugas Utama
a.                   Mengetahui kategori-kategori barang yang ada di area Produce
b.                  Mengetahui nama-nama buah buah dan sayur
c.                   Menguasai kode-kode buah dan sayur untuk mempermudah  menimbang buah dan sayur
d.                  Menguasai cirri-ciri/ karakteristik buah dan sayur yang ada d area
e.                   Menguasai jenis-jenis buah dan sayur yang sedang di promosikan
f.                   Mengetahui cara men-daur ulang buah dan sayur
g.                  Mengetahui antara buah/sayur local dan import
h.                  Mem-PH-0 buah dan sayur yang sudak tak layak di jual
A.                Display Produk
Display produk yaitu penataan suatu produk di area dengan rapi serta sekreatif mungkin. Display produk berdasarkan kategori, seperti di departemen produce display dilakukan berdasarkan space area yang tersedia.
B.                 Customer Service
Untuk memberikan kenyamanan pelanggan saat berbelanja pendisplayan produk di area harus sesuai dengan planogram yang telah ditentukan oleh perusahaan. Jadi mempermudah pelanggan untuk mengambil barang.
C.                Stock Op Name
            Stock Opname adalah salah satu cara untuk mengetahui nilai kerugian atau kehilangan (shrinkage). Kegiatan Stock Opname terdiri dari:
1.                  Pengawas (Divisi  Manager)
Tugasnya: Bertanggung jawab dengan hasil stock op name rugi atau untungnya.
2.                  Penginput
Tugasnya: Menginput semua barang yang ada di hypermart dengan menggunakan alat PDET (Processing Data Entry Terminal).
3.                  Penghitung
Tugasnya: Menghitung semua barang secara manual.
4.                  Control Desk (Team Independen) dari kantor pusat
Tugasnya: Memastikan dan men-check apakah pelaksanaan Stock  Opname sudah sesuai standard yang ditetapkan perusahaan atau belum, Serta memberikan hasil dari stock opname apakah toko tersebut rugi atau untung.
D.    Menyortir Sayur Daun
a.       Menyiapkan pallet dan container hijau.
b.      Memeriksa sayuran local keadaan fisik (tidak ada bintik tanda pembusukan, daun tidak ada bintik hitam dan berlubang warna sesuai standard an ukuran sesuai standar).
c.       Untuk produk tertentu kulit tidak kelihatan keriput dan daun tidak layu.
-        Tehnik Mensortir sayur dan buah
a.       Mengambil container untuk tempat sortiran.
b.      Memisahkan sayur yang busuk dari tempat display.
c.       Memasukan sayuran dan buah yang busuk kedalam container.
d.      Membawa sayuran busuk ke ruang processing.
E.                 PROCESSING
            Processing atau dapat dikatakan sebagai produksi, dimana proses ini dilakukan untuk mengolah, merubah, membuat barang yang sebelumnya tidak layak pajang tetapi masih layak untuk dikonsumsi menjadi layak display. Tujuan dilakukannya processing adalah untuk meminimalkan PH 0 dan memaksimalkan penjualan.
Berikut ini adalah jenis-jenis processing yang dillakukan di Departemen Produce:
a.      Mengetahui dan Menguasai Sayur Yang Rusak
a.       Sayuran daun : daun kering, daun layu, berwarna kecoklatan dan termakan ulat.
b.      Sayuran bukan daun : kulit keriput, kulit menghitam, terdapat bercak pembusukan ditempat tertentu.
b.      Mengetahui dan Menguasai Buah Yang Rusak
a.       Buah Import : memar, keriput, pembusukan dari dalam, tergores, bekas termakan ulat, bekas termakan customer, terdapat bercak pembusukan ditempat tertentu.
b.      Buah Lokal : memar, keriput, pembusukamn dari dalam.
c.       Tehknik Menimbang Buah dan Sayur PH 0
a.       Menyiapkan timbangan.
b.      Menyiapkan container kosong.
c.       Menyiapkan kantong platik sampah.
d.      Meletakkan container diatas timbangan.
e.       Melapisi container dengan kantong sampah.
f.       Mengubah angka timbangan kembali menjadi nol.
g.      Memasukman bujah dan sayur perjenis kedalam container.
h.      Menimbang bujah dan sayur berdasrkan jenis perjenis.
i.        Setelah selesai menimnbang satu jenis buah atau sayur angka timbangan harus dikembalikan ke angka nol (TARE).
d.      Tehnik Penghancuran  Buah dan Sayur PH 0
a.       Menyiapkan pisau.
b.      Memasukan jenis buah dan sayur yang telah dicatat dan ditimbang.
c.       Menyiramkan air detergent kedalam kantong yang berisi buah dan sayur yang rusak.
d.      Memindahkan kantong sampah yuang berisi produk rusak kedalam bak sampah.
e.       Pendataan Buah dan  Sayur Rusak di Log Book PH 0
a.       Setiap selesai menimbang satu jenis buah dan sayur dilakukan pencatatan berat timbangan di log book PH 0
b.      Catat jenis buah dan sayur yang ditimbang
c.       Membuat tanggal, hari dan jam pemprosesan PH 0
f.       Menguasai cara membuat Buah Belah
a.       Menyediakan mesin Wrapping film.
b.      Menyediakan pisau.
c.       Menyediakan chopping bord untuk membelah buah.
d.      Mengambil buah dari area pajang.
e.       Meletakkan barang diatas meja yang terdapat alas papan plastic.
f.       Meletkkan pisau diatas buah  yang akan dibelah.
g.      Membelah buah menjadi dua bagian.
h.      Setelah dibelah dibagi 2 lalu di potong kembalil menjadi empat.
i.        Meletakkan buah belah diatas mesin wrapping.
j.        Wrapping uah belah 2 dan 4 tersebut.
k.      Membawa buah belah tersebut ke area pajang.
l.        Menimbang buah belah yang selesai diproses.
m.    Menempel label harga dan nama buah belah.
n.      Display kembali buah belah tersebut.
g.      Menguasai Cara Membuat Buah Slice/Potong
a.       Menyediakan mesin Wrapping film.
b.      Menyediakan pisau.
c.       Menyediakan chopping bord untuk membelah buah.
d.      Menyiapkan strayfoam.
e.       Meletakkan barang diatas meja yang terdapat alas papan plastic.
f.       Meletakkan pisau diatas buah  yang akan dibelah.
g.      Memotong buah tersebut menjadi beberapa slice/potong dan susun di strayfoam.
h.      Wrapping buah slice/potong tersebut.
i.        Membawa buah slice tersebut ke area pajang.
j.        Menimbang buah belah yang selesai diproses.
k.      Menempel harga dan nama buah belah.
l.        Dsplay kembali buah belah tersebut.
h.      Menguasai Tehnik Pembuatan Buah Potong
a.       Menyediakan mesin Wrapping film.
b.      Menyediakan pisau.
c.       Menyediakan chopping bord untuk membelah buah.
d.      Menyediakan baskom.
e.       Menyiapkan air matang.
f.       Menyiapkan garam.
g.      Menyiapkan strayfoam.
h.      Menyiapkan buah yang masih layak konsumsi.
i.        Proses/potong buah tersebut.
j.        Masukkan buah potong tersebut kedalam air garam.
k.      Mentusun buah distrayfoam.
l.        Wrapping strayfoam buah potong tersebut.
m.    Menempel label untuk produk tersebut.
n.      Display buah potong tersebut.
-        Schedule Team Kerja
Pengaturan shifting Jam kerja Departement PRODUCE dibagi kedalam 3 shift yaitu:
F.                  Shift pagi                    :07.00-13.00
G.                Shift middle                :09.00-05.00
H.                Shift siang                   :11.00-19.00
2.4              Manfaat yang dirasakan
Dengan dilaksanakannya PRAKERIN  bisa mengetahui apa yang sebelumnya tidak penulis ketahui dan penulis sedikit memahami seluk beluk dunia usaha. Banyak pelajaran yang penulis dapatkan di dunia usaha. Dan banyak manfaat yang di rasakan selama melaksnakan praktek kerja industri di PT. MATAHARI PUTRA PRIMA, Tbk. Antara lain:
1.      Keahlian professional yang diperoleh dari praktek kerja industri dapat meningkatkan rasa percaya diri, yang selanjutnya  akan mendorong untuk meningkatkan keahlian professional pada tingkat yang lebih tinggi.
2.      Melatih disiplin, tanggung jawab, inisiatif, kreaktifitas, motivasi kerja, kerja sama, tingkah laku, emosi, dan etika siswa dapat menerapkan ilmunya secara langsung pada bidang yang ditekuni sehingga dapat membandingkan antara teori yang dipelajari selama disekolah dengan praktek dilapangan.
3.      Bisa lebih mengenal berbagai layanan yang terdapat di PT MATAHARI PUTRA PRIMA, Tbk.
4.      Belajar untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan baik.
5.      Dapat menngetahui bagaimanacara yang baik dalam melayani public.

















BAB III
PENUTUP
3.1.            Kesimpulan
3.2.            Saran
-        Saran untuk siswa
a.       Siswa harus mampu bekerja dan berfikir cepat dalam melakukan berbagai hal 
b.      Siswa harus berdisiplin dan menjaga sikap baiknya
c.       Mampu memnafaatkan peluang untuk mendapatkan nilai yang baik dari hasil prakerin

-        Saran untuk sekolah
a.       Sekolah memantau siswa sekurang-kurangnya dua kali selama  satu bulan
b.      Terus melakukan kerjasama dengan Hypermart
c.       Semoga rekan-rekan yang menggantikan kami di tahun depan bisa lebih baik

-        Saran untuk dunia usaha
a.       Semoga Hypermart tetap bisa menyediakan tempat untuk siswa-siswi SMK yang akan melaksanakan prakerin di masa yang akan dating
b.      Lebih meningkatkan kesejahtraan karyawan
c.       Menjadi yang terbaik













3.3.Lampiran-lampiran




Area Personalia

2 komentar:

  1. apa pas melakukan prakerin mendapat uang makan?

    BalasHapus
  2. 1xbet korean online sports betting - Legalbet.co.kr
    The best online sports betting sites 메리트 카지노 주소 in Korea have 카지노 plenty of lines of bets. With a minimum 1xbet deposit, you'll enjoy a great bet

    BalasHapus